Tantangan Level 5: Day 10

Kalau lagi dirumah ibu, aku bebas tugas dari kerjaan rumah. Hahaha. Jadinya bisa baca buku, sebenarnya dirumah bisa sih cuman biasanya kalo anak-anak tidur akunya juga ikutan tidur. Kali ini, aku baca ulang  “catatan sang model”, belinya udah lama dan pas lagi diskon. Hihihihi. Ini berdasarkan kisah nyata dan apa yang diceritain sama si tokoh utama itu miriiip banget sama kehidupan model yang dulu mbak ART kerja di aku pernah cerita. Jadi si embak ini, selain kerja di aku juga kerja di unit lain yang mana model dan dia suka cerita kehidupan sehari-hari bos nya ini. Emang kok ya, kalo tinggal di apartemen itu lebih rupa-rupa orangnya daripada tinggal di rumah. 


Sebelum Ibie tidur, dia sempet baca buku tentang nabi. Kali ini cerita nabi Nuh as. Ini buku sepupu Ibie sih, masih bayi baru umur 3 bulan. Tadinya Ibie ngga mau baca ini, tapi karena liat akunya lagi baca jadi mau baca juga. 

  

Tabina hari ini baca 2 buku, sore tadi dia baca soft book punya sepupunya. Tentang puasa. Malemnya, dia ikutan dengerin cerita nabi tapi dia megang-megang buku “lawan kata”. Dia bolak-balik. Karena tadi aku lagi bacain buku tuk Ibie, Tabina turun dari tempat tidur dan inspeksi kamar lagi. Setelah kakaknya tidur, giliran aku ngerayu Tabina. Eh begitu ditunjukin buku “lawan kata” dia mau naik ke kasur dan setelah dibacain langsung mau tidur. Penasaran rupanya ya dek sama bukunya sampe ngga bisa tidur. 

#GameLevel5 

#Tantangan10Hari

#KuliahBunsayIIP

#ForThisChangeIMustChangeFirst

 

Tantangan Level 5: Day 9

Taraaaaaa… Ibie dan Tabina akhirnya sampai juga dirumah oti. Hari Sabtu kemarin, kami bertiga ke Lombok. Ini pengalaman pertama pergi jauh hanya bertiga. Biasanya kan selalu sama Ali atau sama ibuku. Rada deg-degan. Hehehe. Karena cuma bertiga itu juga sih yang bikin barang bawaan seminimalis mungkin. Seperti buku ngga dibawa, karena di Mataram masih ada buku dan tuk di Palembang nanti, kayanya beli disana ajalah. 

Semalem, kita minjem beberapa buku sepupu Ibie. Lumayanlah, Tabina jadi bisa ikutan baca, ada 2 buku cuma pas mau di foto yang 1 entah kemana. Hehehe. 

  
Itu yang buku kucing hasil BBW kemarin dan dua buku lainnya adalah buku kesayangan Ibie. Bolak-balik dibaca. Buku sains fiksi ini sebenarnya ada 2 tapi yang 1 ada di Surabaya. Bahasa bukunya ringan jadi bener-bener cocok tuk balita kok. 

Nah tuk emaknya blom baca apa-apa nih. Sibuk ngunyah sambil ngobrol. Hahahaha. Oiya untuk pohon literasinya on progress yah. Sepertinya harus bikin lagi. 

#GameLevel5 

#Tantangan10Hari

#KuliahBunsayIIP

#ForThisChangeIMustChangeFirst

Tantangan Level 5: Day 8

Hiks lupaaaa mau foto-foto buku yang dibaca kemarin. Ada beberapa buku, cuman yang keinget sekarang cuma halo balita ada 3 buku. Nah ada 2 buku lagi, tapi aku lupa buku apa. Hehehe. Malemnya pun Ibie ngga baca buku sebelum tidur, karena dia sebelum tidur melakukan kesalahan dan konsekuensinya ngga dibacain buku sebelum tidur. 

Oiya ini aku, Ibie dan Tabina baru nyampe Mataram. Pohon literasinya pun lupa ngga dibawa. Hihihi. Tapi tetep baca kok, karena di Mataram juga ada beberapa buku Ibie dan buku-buku anak adekku, lumayan bisa dipinjem. 

#GameLevel5 

#Tantangan10Hari

#KuliahBunsayIIP

#ForThisChangeIMustChangeFirst

Tantangan Level 5: Day 7

Ada 2 buku yang dibaca Ibie kemarin, yaitu donal bebek sama cerita nabi Idris as. Ibie nih kalo nyebut donal bebek jadi bebek donal. Hehehe. Trus kalo yang buku nabi, karena pas mau tidur liat tu buku ada di kasur (papanya abis baca tapi ngga dibalikin) jadilah dia pengen baca juga. Kemarin ngga terlalu banyak baca niiih, karena Ibie ngga bangun waktu sahur trus ada les renang juga sampe siang. Setelah itu dia main-main biasa dan akunya bersih-bersih rumah (baca: bersihnya cuma 10 menit doank). Tabina kemarin juga baca buku, cuman lebih banyak dia rebut bukunya. Jadi blom selesai dan ganti-ganti, kurang fokus niiih si adek. Eh tapi malemnya ikut baca yang cerita nabi Idris kok, lumayanlah dek masih ada satu yang bisa dibaca sampe habis yaa. 

Tabina sekarang masih ditahap mengasah keterampilan mendengar, sehingga perlu dibiasakan dibacakan buku. Satu tantangan sendiri nih, karena gaya Tabina beda sama Ibie yang memang lebih mudah untuk dibacakan buku. Sedangkan Ibie sudah di tahap keterampilan berbicara. Waktu terima rapot kemarin, guru kelompok Ibie juga bilang kalo kemampuan berbahasa Ibie sudah diatas umurnya, katanya lagi kalimat yang digunakan Ibie sudah lengkap SPOK. Perbendaharaan kata-katanya juga kaya, menurut gurunya lagi Ibie lagi lagi mengalami ledakan kata-kata. Waktu aku ditanya kok bisa gitu, aku cuma jawab dirumah suka baca buku dan ternyata di sekolahpun Ibie paling antusias waktunya baca buku. Malah dia pernah protes ke aku, karena aku bawain bekel yang banyak jadi ngurangin waktu dia dibacain buku. Yaah semoga adeknya juga bisa sukaaa banget sama buku. 

#GameLevel5 

#Tantangan10Hari

#KuliahBunsayIIP

#ForThisChangeIMustChangeFirst

Tantangan Level 5: Day 6

  
Aku dulu, pernah baca tentang anak yang dianggap terbelakang tapi ibunya ngga pernah nyerah. Ibunya selalu bacain buku, 11 bukunya setiap hari. Kebetulan ibunya dokter, jadi buku yang dibaca juga termasuk buku-buku kedokteran. Nah anak yang dianggap terbelakang, malah jadi pinter banget. Dia sekarang jadi (kalo ngga salah inget yee) salah satu peneliti di salah satu universitas. Dari situ, aku kepengen banget bisa bacain buku sebanyak-banyaknya ke anak-anak. Tapi ternyata 11 buku itu banyak banget yaaa. Hahaha. Jadi aku blom pernah nih bisa konsisten 11 buku. Kalo buku yang banyak gambar sedikit tulisan bisa kali yaa, tapi kalo semacam buku cerita nabi ato ensiklopedi yaaaah butuh air berliter-liter. Haus. hihihi. 

Jadi target sekarang adalah konsisten baca buku tiap hari dulu. Supaya Ibie tetap terbiasa dan Tabina menjadi terbiasa. Untuk Tabina karena masih dalam taham membiasakan, lebih butuh usaha. Apalagi dia lebih suka pura-pura membaca daripada dibacain. Nah jadi aku harus mengulang cara membaca buku seperti Ibie dulu waktu umur 7 bulan. Penuh gerakan. Tapi kalo pas nyusu beda lagi, ini celah tuk aku supaya bisa bacain dengan tenang. 

  
#GameLevel5 

#Tantangan10Hari

#KuliahBunsayIIP

#ForThisChangeIMustChangeFirst

Tantangan Level 5: Day 5

  
Kemarin adalah super hectic day. Anak-anak rewel semuanyaaaa, emaknya juga tiba-tiba pusiiing banget yang hilang setelah buka dan minum panadol kesayangan. Alhasil hanya dua buku yang berhasil dibaca, itupun hanya pagi setelah sahur dan sebelum tidur aja. 

Dua buku diatas adalah favorite Ibie juga, yang mana kalo udah ketemu bisa dibaca beberapa kali. Pagi, kita baca Asmaul husna dan malemnya bava cerita nabi Adam as. Ibie sudah mulai cerita beberapa nabi, misal nabi Adam, nabi Nuh, nabi Ayyub, nabi Yusuf, nabi Ismail, nabi Daud, dan Nabi Yunus. 

Adeknya ngga baca secara khusus sih, eeh baca sih tapi buku tahunan sekolah Ibie. Hihihi. 

#GameLevel5 

#Tantangan10Hari

#KuliahBunsayIIP

#ForThisChangeIMustChangeFirst

Tantangan Level 5: Day 4

 Pohon literasinya belum terlalu rimbun yaaa. Kemarin Ibie hanya baca dua buku aja, confidence in science tentang gen dan asmaul husna 21-40. Diulang pula, hihihi. Aku cukup terbantu lho dengan buku confidence in science yang tentang gen ini. Karena didalamnya ada cerita sapi yang disuntik hormon pertumbuhan, ayam yang pakannya juga ditambah hormon pertumbuhan. Jadi aku selalu punya alasan untuk ngga selalu meloloskan permintaannya tuk makan fastfood, sesekali jelas boleh karena emaknya pun doyan. Hehehe. Selain membahas tentang binatang, ada juga tentang tumbuhan yang menjadi kuat dengan hama. Ibie jadi makin tertarik dengan tema keseimbangan ekosistem. Dia pun jadi suka nanya masing-masing peran dari setiap makhluk hidup. Malamnya waktu aku lagi sholat, Ibie mulai bahas tentang kebesaran Allah, okaiiii itu tanda tuk waktunya baca asmaul husna lagi. Lewat buku ini, aku diberi kemudahan tuk mengenalkan Ibie tentang Allah swt. Asmaul husna ini salah satu favorite Ibie. Aku sudah pernah ngalamin baca asmaul husna all day long. Sampai hafallah yaa isinya. 

Untuk Tabina, buku yang khusus dibacain tuk dia adalah akulah kuda yang dibacain papanya. Biasanya sih dia selalu ikut dengerin kalo Ibie dibacain buku. Nabung kata-kata ya dek. 

note: Post ini ngga ada foto karena sinyalnya jeleeeek banget dan aku juga lupa naro buku kemarin dimana. Hahahaha. 

#GameLevel5 

#Tantangan10Hari

#KuliahBunsayIIP

#ForThisChangeIMustChangeFirst